Beberapa hari terakhir ini berita nasional dihebohkan dengan kecelakaan pesawat
sukhoi di gunung salak bogor jawa barat. selain ngurusin korban nyawa,
tim sar juga mencari black box dari pesawat sukhoi tersebut. yuk kita
belajar tentang sebenernya black box atau kotak hitam itu apaan sih? dan
bagaimana cara kerjanya.
“Walaupun
dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna
hitam melainkan berwarna jingga/oranye. Hal ini dimaksudkan untuk
memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan.” –
wikipedia.
Nah,
bagi yang selama ini menganggap bahwa kotak hitam adalah berwarna
hitam, ternyata salah. Tapi mengapa disebut kotak hitam? Mungkin, karena
dulunya pertama kali hitam, atau memang dari pertama ada, memang sudah
orange. Bisa jadi karena orange, tapi karena mengalami kecelakaan
pesawat, warnanya berubah menjadi hitam.
Data dari FDR dan CVR disimpan di memory boards di dalam crash-survivable memory unit (CSMU) – pelindung black-box1memory yang berbentuk silindris. Dengan alat ini lebih dari 700 macam parameter data dapat disimpan. Crash Survivable Memory Unit (CSMU) berisi papan memori dikelilingi oleh isolasi termal baju besi dan baja yang dapat menahan dampak kecelakaan ribuan kali gaya gravitasi dan bertahan di laut pada kedalaman 14.000 – 20.000 kaki (4,270 m-6.096 m).
Seluruh data yang dikumpulkan oleh sensor sensor di pesawat terbang di kirim ke flight-data acquisition unit (FDAU) yang terletak di hidung pesawat. FDAU inilah sebagai perantara sebelum data di simpan dalam kotak hitam.
Itulah sebabnya mengapa setiap ada kecelakaan pesawat terbang, kotak hitam inilah yang di cari oleh investigator, karena data-data terakhir sebelum terjadi kecelakaan terekam dalam kotak hitam ini. Biasanya data-data di dalam kotak hitam (black box) ini dirahasiakan oleh penyelidik karena berbagai alasan.
0 comments:
Post a Comment