Our Partnership

Tiga (3) Wilayah Waktu Indonesia Akan Disatukan

Kemarin saya sempat melihat sebuah berita di salah satu televisi swasta yang membahas, akan dilakukannya pengabungan waktu di indonesia yang sekarang terbagi atas 3 wilayah zona waktu.

Zona Waktu Indonesia Disatukan / Digabung

Berikut berita lengkapnya yang dikutip dari metrotvnews.com

Pemerintah berencana menyatukan tiga wilayah waktu Indonesia dalam satu zona, yaitu GMT+8 atau Waktu Indonesia Tengah. Penyatuan zona waktu bertujuan menciptakan efisiensi birokrasi dan peningkatan daya saing dalam ekonomi global.

"Zona WITA dipilih sebagai patokan untuk melakukan efisiensi birokrasi dan peningkatan daya saing ekonomi," kata Kadiv Humas dan Promosi KP3EI Edib Muslim.

Perbedaan waktu, hingga saat ini dinilai tak efektif untuk perdagangan antarzona. Terlebih untuk transaksi keuangan dan bursa saham. Penyatuan zona merupakan langkah awal penghematan triliunan rupiah.

Sekretaris KP3EI, Luky Eko menyatakan, hingga kini pemerintah masih harus membicarakan lebih lanjut mengenai penyamaan waktu tersebut. Waktu pelaksanaan penyatuan zona juga belum ditentukan.

Dengan penyatuan zona waktu GMT+8, maka waktu Indonesia akan sama dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dengan kesamaan zona itu, Indonesia diuntungkan karena bisa hemat jam kerja, lalu lintas, maupun aktivitas ekonomi seperti keuangan, bank dan saham.


Bagaimana menurut anda mengenai wacana pengabungan/penyatuan waktu di Indonesia??

0 comments:

Post a Comment

Our Partnership

 
Ivan Things © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes