Our Partnership

Virus MCD di Facebook Beredar..

Kejadian ini sempat dialami olehku, kemarin (29/10/2010) saya mendapatkan semacam undangan acara untuk Video McD.

Kemarin (29/10/2010), saya mengakses Facebook saya sekitar jam 23.00 WITA, dan menemukan undangan MCD ini dan status Acaranya sedang berlangsung. Saya lgsg bertanya2 kok ada acara yg diadakan hingga semalam ini (sedang berlangsung). Sehingga saya mengabaikan dari undangan acara tersebut.

Dan keesokan harinya, saya membaca koran di halaman utama salah satu koran lokal dengan judul "Virus McD di Facebook Merajarela". Langsung saya kaget dan langsung segera membaca berita itu.

Ternyata Undangan acara tersebut adalah virus, dan apabila kita mengklik ok/konfirmasi undangan tersebut. Maka, kita akan mendapatkan semacam spamming ke Inbox kita dan bisa saja tidak hanya itu. Mungkin password dan data2 lainnya bisa diambil juga..

Untung kemarin saya tidak jadi melakukan konfirmasi terhadap undangan ini. Jadi Facebook saya masih aman sampai saat ini..

Berikut lampiran berita yang dikutip dari tempo:

Undangan maupun link yang dikirimkan itu beragam bentuknya. Salah satu yang memancing penasaran adalah kiriman video yang katanya akan buka-bukaan soal rahasia McDonald.

Sebetulnya serangan yang dinamai "pembajakan klik HappyMeals" ini sudah lama. Dari data yang kami kumpulkan, informasi soal serangan ini sudah muncul sejak Agustus lalu. Saat itu banyak judul link yang masuk seperti ini: “OMG! I cant BELIEVE a WOMAN found THIS in her McDonalds Nuggets! WTFF!!"

Atau seperti ini: “Holy CRAP! I just saw your MOM in this VIDEO!!!!”

Serangan yang kami amati akhir-akhir ini judulnya juga memancing rasa penasaran. Seperti: "The Truth Behind McDonald" atau "Shocking McDonald Video".

Begitu tautan di dalam kiriman itu diklik, penyerang akan mengirimkan serangkaian tautan lagi yang mesti diklik. Setelah itu, Wall Anda akan terus menerus dikirimi pesan-pesan yang membawa virus.

Menurut penelitian, serangan seperti dilakukan untuk meraup dolar melalui skema Cost Per Action. Penyerang akan mendapat dolar dari setiap aksi yang dilakukan pemilik akun Facebook.

Tim keamanan Facebook sudah membuang infeksi ini. Namun sebelum itu terjadi sebanyak 24.232 orang sudah keburu menjadi korban. Dari kealpaan mereka inilah barangkali serangan menyebar dan sampai kepada kita. Waspadalah.

0 comments:

Post a Comment

Our Partnership

 
Ivan Things © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes