Our Partnership

Definisi, Gejala, Etiologi, Patofisiologi dan Diagnosa Tumor - Kanker Pankreas (2)


I. Etiologi Tumor Kanker Pankreas
Etiologi dari tumor pankreas dikarenakan adanya mutasi genetik/DNA dan diketahui ada 3 hal yang dapat mengakibatkan perubahan/mutasi DNA. Keturunan, gaya hidup atau perilaku seperti merokok, dan faktor eksternal.
Beberapa faktor resiko penyebab tumor/kanker pankreas:
1.    Merokok, beberapa ilmuwan memperkirakan 20%-25% kasus disebabkan oleh merokok.
2.    Umur, semakin berumur semakin berisiko, lebih dari 80% kasus terjadi pada usia 60 – 80.
3.    Ras/keturunan, studi di Amerika menunjukkan bahwa penderita umumnya lebih banyak berasal dari keturunan Afrika, barangkali karena faktor sosio-ekonomi dan kebiasaan merokok.
4.    Gender, lebih banyak terjadi pada pria, ini juga bisa jadi karena pria lebih banyak merokok dibanding wanita.
5.    Agama, beberapa kasus pada Yahudi Ashkenazi yang diduga karena mutasi genetik BRCA2 (kanker payudara) yang banyak terjadi di keluarga Yahudi Ashkenazi.
6.    Pankreatitis kronis, pembengkakan pankreas (pancreatitis) yang lama bisa dihubungkan dengan kanker pankreas.
7.    Diabetes, merupakan salah satu gejala dan faktor resiko.
8.    Obesitas, kegemukan.
9.    Diet: banyak makan daging, kholesterol dan nitrosamines akan meningkatkan resiko. Banyak makan buah dan sayuran akan mengurangi resiko.
10. Genetik, pada umumumnya 5-10% pasien tumor pankreas memiliki riwayat keluarga tumor pankreas. Gen yang bertanggung jawab untuk sebagian dari pengelompokan dalam keluarga belum diidentifikasi. Tumor pankreas telah dikaitkan dengan sindrom berikut; mutasi resesif autosomal dominan mewarisi ataksia-telangiectasia dan autosomal gen BRCA2 dan PALB2 gen, Peutz-Jeghers sindrom karena mutasi pada gen supresor tumor STK11, herediter non-polyposis kanker usus besar (Lynch sindrom), poliposis adenomatosa keluarga, dan sindrom mol atipikal keluarga melanoma-pankreas beberapa kanker (FAMMM-PC) karena mutasi pada gen CDKN2A''''supresor tumor.

II. Patofisiologi Tumor Kanker Pankreas                   


Kanker pankreas hampir 90% berasal dari duktus, dimana 75% bentuk klasik adenokarsinoma sel duktal yang memproduksi musin. Sebagian besar kasus (70%), lokasi kanker pada kaput pankreas, 15-20% pada badan dan 10% pada ekor.
Pada waktu di diagnosis, ternyata tumor pankreas relatif sudah besar. Tumor yang dapat direseksi biasanya besarnya 2,5-3,5cm. Pada sebagian besar kasus tumor sudah besar (5-6cm), dan atau telah terjadi infiltrasi dan melekat pada jaringan sekitar, sehingga tidak dapat direkseksi.
Pada umumnya tumor meluas ke retroperitoneal ke belakang pankreas, melapisi dan melekat pada pembuluh darah, secara mikroskopik terdapat infiltrasi di jaringan lemak peripankreas, saluran limfe, dan perineural. Pada stadium lanjut, kanker kaput pankreas sering bermetastasis ke duodenum, lambung, peritoneum, hati dan kandung empedu. Kanker pankreas pada bagian dan ekor pankreas dapat metastasis ke hati, peritoneum, limpa, lambung dan kelenjar adrenal kiri. Karsinoma di kaput pankreas sering menimbulkan sumbatan pada saluran empedu sehingga terjadi kolestasis ekstra-hepatal. Disamping itu akan mendesak dan menginfiltrasi duodenum, yang dapat menimbulkan peradangan di duodenum. Karsinoma yang letaknya di korpus dan kauda, lebih sering mengalami metastasis ke hati danke limpa.



0 comments:

Post a Comment

Our Partnership

 
Ivan Things © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes