Our Partnership

Definisi, Gejala, Etiologi, Patofisiologi dan Diagnosa Tumor - Kanker Pankreas (1)


I. Definisi
Tumor adalah benjolan atau pembengkakan abnormal dalam tubuh, tetapi dalam artian khusus tumor adalah bejolan yang disebabkan oleh neoplasma. Secara klinis, tumor dibedakan atas golongan neoplasma   dan non-neoplasma misalnya kista, akibat reaksi radang atau hipertrofi. Neoplasma dapat bersifat ganas atau jinak, neoplasma yang ganas    dapat dikatakan sebagai kanker. 
Tumor ganas disebut kanker. Kanker memiliki potensi untuk menyerang dan merusak tissue yang berdekatan dan menciptakan metastasis. Tumor jinak tidak menyerang tissue berdekatan dan tidak menyebarkan benih metastasis, tetapi dapat tumbuh secara lokal menjadi besar. Mereka biasanya tidak muncul kembali setelah penyingkiran melalui operasi.  
Kanker pankreas merupakan neoplasma maligna yang terjadi pada pankreas, dimana kanker yang terjadi pada pankreas dapat digolongkan dalam dua kategori utama : (1) kanker pankreas pada endokrin  (merupakan bagian untuk menghasilkan insulin) disebut juga sebagai sel islet atau pankreas neuroendokrin dan (2) kanker pankreas pada eksokrin (merupakan bagian untuk menghasilkan enzim). Pankreas neuroendokrin merupakan sel kanker yang langka dan pertumbuhannya lambat dibandingkan dengan kanker pankreas eksokrin, sedangkan kanker pankreas pada eksokrin berkembang dari sel-sel yang merupakan sistem yang memberikan enzim ke usus kecil yang juga disebut sebagai adenokarsinoma pankreas.  




II. Gejala Klinis Tumor / Kanker Pankreas
Gejala kanker pankreas seringkali tidak muncul sampai penyakit ini pada stadium lanjut, sehingga membuatnya dikenal sebagai silent disease. Tumor kanker pankreas biasanya terlalu kecil untuk menimbulkan gejala. Namun, ketika tumor tumbuh, beberapa tanda dan gejala kanker pankreas meliputi:
·         Nyeri Perut
Nyeri perut merupakan gejala umum dari kanker pankreas. Hal ini biasanya terjadi di perut bagian atas dan dapat menyebar ke seluruh bagian belakang. Nyeri perut dapat memburuk ketika berbaring atau 3-5 jam setelah makan.
·         Berat badan turun
Orang yang terdiagnosa kanker pankreas akan kehilangan berat badan (sekitar 10% dari total berat badan mereka) tanpa alasan yang jelas. Berat badan adalah gejala yang umum dari kanker kepala pankreas.

·         Tidak nafsu makan
Tidak nafsu makan adalah gejala umum dari penyakit, termasuk kanker pankreas. Gejala ini bisa menjadi sinyal serius, atau hanya kondisi ringan seperti virus perut. Ketika gejala tidak jelas seperti ini, tes medis akan diperlukan untuk membuat diagnosis yang akurat.
·         Penyakit kuning
Penyakit kuning atau Jaundice adalah suatu kondisi yang ditandai dengan menguningnya kulit dan mata, umumnya terjadi pada penderita kanker pankreas. Hal ini dapat terjadi ketika tumor sepenuhnya atau sebagian memblokir saluran empedu yang memperlambat aliran empedu.
·         Diabetes
Beberapa orang yang menderita kanker pankreas menemukan mereka terkena penyakit diabetes. Beberapa telah didiagnosa dengan diabetes pada tahun sebelumnya. Jika Anda memiliki diabetes, Anda tidak menghasilkan cukup insulin. Akibatnya terlalu banyak gula dalam darah Anda. Gula mengalir keluar dari tubuh dalam air seni dan membutuhkan banyak air dengan itu.

Baca Artikel SelanjutnyaAnatomi dan Fisiologi Pankreas

0 comments:

Post a Comment

Our Partnership

 
Ivan Things © 2012 | Designed by LogosDatabase.com, in collaboration with Credit Card Machines, Corporate Headquarters and Motivational Quotes